Recent News

Dosen Universitas Lancang Kuning Sosialisasikan Penguatan Kemampuan Pencatatan Keuangan Sebagai Penunjang Bisnis Dan Financial Sustainability Pada Usaha Mikro Dermaga Tapian Mahligai

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan mencatat aktivitas keuangan secara sistematis, kemudian memberikan pemahaman bagaimana dampak yang didapat unit bisnis apabila tidak memcatat dan menyajikan informasi keuangan. Permasalahan utama pada Usaha Mikro Desa Wisata Dermaga Tapian Mahligai adalah minimnya tenaga kerja dengan dua divisi mereka tidak memiliki tenaga akuntan, pencatatan tidak dilakukan secara sistematis, hanya memcatat penjualan dengan perkiraan saja, pada saat prasurvey mitra sangat mengeluh akan sulitnya dalam melakukan pencatatan karena tidak memahami dan tidak mempunyai kemampuan dalam menghitung harga pokok produksi dan memcatat laporan keuangan.

Metode kegiatan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan. Mitra Pengabdian kepada Masyarakat Usaha Mikro Desa Wisata Dermaga Tapian Mahligai. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam mencatat laporan keuangan klinik yang bertujuan untuk memudah pekerjaan yang selama ini dilakukan secara manual.

Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Pada pelaksanaan sosialisasi, peserta diberikan pemahaman dan pelatihan mengenai mencatat dan pelaporan keuangan secara sederhana  . Dengan hasil para peserta pengabdian kepada masyarakat sangat antusias. Bentuk antusisme peserta adalah banyaknya para peserta PKM yang memberikan pertanyaan dan sharing .

Foto bersama Tim Pengabdian kepada masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *